Bagaimana tingkat Kedisplinan kita saat ini ?


Tahukah Anda ?

Faktor yang paling mendasar dalam kepemimpinan dan keprofesionalan kita dapat dilihat dari budaya disiplin dalam segala hal. Namun, dalam sebuah organisasi atau perusahaan, tingkat kedisiplinan hanya milik golongan tertentu saja. Bagaimana dengan kita semua sobat?

Sadarkah kita ?

Salah satu bentuk disiplin yang langsung terlihat adalah dari pola kedatangan dan kehadiran kita ditempat kerja. Tanpa kita sadari bahwa semua mata akan memandang negatif bagi kita yang sering datang terlambat ataupun tidak masuk kerja tanpa ada berita yang jelas (baik kepada atasan maupun bawahan tidak mengetahui berita ketidakhadiran kita). Mungkin terlihat sepele, namun hal ini akan berpengaruh besar kepada terhadap bisnis proses yang sedang kita jalankan. Ketika ada kegagalan proses, kita hanya berpikir dan berfokus pada permasalahan yang ada. Tetapi dibalik itu semua, Sesungguhnya permasalah yang paling mendasar adalah attitude (Sikap dan Tingkah laku) kita yang terbangun oleh habit (kebiasaan) yang tidak disiplin tadi.

Percayalah teman, ini sangat mempengaruhi mind set kita – perilaku kita dalam menyelesaikan pekerjaan yang di percayakan kepada kita masing-masing, sesuatu hal yang kita lakukan terlihat kecil namun sangat berpengaruh dan memberi dampak yang besar, sadarkah kita apabila kita berusaha untuk datang lebih awal membutuhkan planning (rencana) yang matang (plan), spirit (semangat) yang tinggi, mampu merealisasikannya (DO) dan harus ada evaluasi untuk memelihara konsistensinya (CHECK & ACTION) – dalam hal ini sistem PDCA-nya berjalan baik dan efektif dengan penuh tanggung jawab.

Bila kita berhalangan hadir atau kesulitan tertentu, sebaiknya kita mengkomunikasikan kepada atasan dan bawahan – inilah bentuk komitmen kita menjalankan PDCA seperti di atas. Hal ini akan melatih kecerdasan alam bawah sadar kita dalam menjalankan proses tepat waktu, kreatif dan inovatif penuh tanggung jawab.

Inilah potret kita

Fakta yang terjadi saat ini, untuk di level pimpinan ternyata memiliki tingkat keterlambatan dan disiplin absensi (melakukan prick kartu absen atau menggesek ID Card) yang tinggi. Bukan hanya terjadi pada hari kerja biasa (Senin-Jumat), tetapi juga pada hari pengganti.

Selain itu, kita juga melihat beberapa karyawan yang tidak mengenakan seragam yang semestinya. Pedulikah kita akan semua hal ini? apakah kita masih bersikap cuek dan tidak mau tahu tentang apa yang terjadi di depan mata kita? apakah masih terusk berpura-pura menutup mata atas sesuai yang tidak berjalan sebagaimana mestinya?

Ayolah sobat, inilah saatnya kita berubah dimulai dari hal yang kecil – disiplin dalam segala hal saatnya kita bertindak untuk berubah dan menjadi contoh/teladan bagi bawahan ataupun rekan kerja kita lainnya. Rasanya sudah cukup, tingkat pendidikan dan jabatan yang kita emban menjadi alasan untuk menyadari beberapa kekeliruan yang telah kita perbuat selama ini, baik secara sadar maupun tidak.

Karena, bukan saatnya lagi bagi kita kalau dalam menjalankan disiplin dengan harus diberikan sanksi/hukuman/punishment terlebih dahulu. Saatnya kita menyadari bahwa terlebih baik memberi contoh yang baik dan benar dari pada membawa pengaruh yang buruk kepada orang lain

Marilah kita bangun budaya Super diperusahaan yang kita cintai ini- tempat kira bekerja, berkarya, mengabdi, berbuat yang terbaik, berubah (change) untuk menjadi yang terbaik dan akhirnya menghasilkan sesuai yang dapat di nikmati oleh semua orang (bangsa & negara, customer, supplier, pemegang saham, masyarakat sekitar, juga keluarga kita masing-masing) terutama mendapatkan pahala dari tuhan yang maha kuasa.

Budaya Super hendaklah terpatri dilubuk hati kita yang terdalam untuk mewujudkan budaya Super yang melegenda dan selalu ada untuk memberikan kontribusi yang terbaik (exist to Contribute) bagi semua pihak…

CHANGE YOURSELF

To show your Maturity, Integrity & Commitment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: