Nadzar Kepada Setan


Nadzar Kepada Setan

Alif Magz – detikRamadan

Jakarta – Konon seseorang pernah bermohon kepada Tuhan, namun apa yang dimohonkannya tidak juga berhasil, maka ia berputus asa, lalu berpaling kepada setan dan berkata dalam hatinya, “Jika apa yang kudambakan dan kupinta itu kuperoleh, maka aku ber-nadzar akan bersedekah kepada setan.”

Berselang sekian lama, apa yang didambakannya tercapai. Namun ia lupa nazdar (janjinya) kepada setan. Satu malam, ia bermimpi bertemu dengan setan yang menagihnya. Dalam mimpinya ia menjawab, “Aku tidak pernah melihatmu, jadi aku tidak dapat memenuhi janjiku.”

Maka setan berkata, “Jika engkau menjumpai anak-anakku maka serahkanlah kepadanya sedekahmu itu”. “Di mana dapat kutemui anak-anakmu itu?” tanyanya.

“Jika engkau ke pasar dan menemui seorang yang menipu, maka itulah anakku yang pertama. Jika Engkau mendengar seseorang bersuara keras kepada ibunya, maka ketahuilah itu anakku yang kedua, sedang anakku yang ketiga dapat engkau temui di masjid, yaitu bila engkau melihat seseorang yang selesai salat, tetapi tidak duduk sejenak pun berdoa.”

(Sumber buku: Yang Ringan yang Jenaka – M Quraish Shihab)

(Hikayat ini Merupakan kerja sama detikcom dengan www.alifmagz.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: