Pengertian system


Kata Sistem awalnya berasal dari bahasa Yunani (sustēma) dan
bahasa Latin (systēma). Berikut ini ada beberapa pengertian sistem
yang diambil dari berbagai sumber.
1. Suatu kesatuan yang terdiri atas komponen atau elemen yang
saling berinteraksi, saling terkait, atau saling bergantung
membentuk keseluruhan yang kompleks.
2. Kesatuan gagasan yang terorganisir dan saling terikat satu sama
lain.
3. Kumpulan dari objek atau fenomena yang disatukan bersama
untuk tujuan klasifikasi atau analisis.
4. Adanya suatu kondisi harmonis dan interaksi yang teratur.
Dalam definisi yang paling umum, sebuah sistem adalah
sekumpulan objek/benda yang memiliki hubungan diantara
mereka. Biar lebih jelas, mari kita lihat contoh berikut ini.
Contoh konkret dari sebuah sistem diantaranya:
− Organ tubuh manusia yang membentuk beragam sistem.
Sistem pernafasan, sistem pencernaan, sistem eksresi, sistem
saraf, sistem kerangka, dll.
− Komponen elektronik komputer yang membentuk sistem
komunikasi, sistem perangkat lunak, sistem perangkat keras,
sistem jaringan, dll.

Kata manajemen di ambil dari kata bahasa inggris yaitu “manage”
yang berarti mengurus, mengelola, mengendalikan, mengusahakan,
memimpin.
Berikut pengertian manajemen menurut beberapa ahli:
1. Manajemen adalah seni dan ilmu perencanaan
pengorganisasian, penyusunan, pengarahan dan pengawasan
daripada sumberdaya manusia untuk mencapai tujuan yang
telah ditetapkan. (By: Drs. Oey Liang Lee )
2. Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian dan
penggunakan sumberdaya organisasi lainnya agar mencapai
tujuan organisasi tang telah ditetapkan. (By: James A.F.
Stoner)
3. Manajemen merupakan suatu proses khas yang terdiri dari
tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian,
penggerakan dan pengendalian yang dilakukan untuk
menentukan serta mencapai sasaran yang telah ditentukan
melalui pemanfaatan sumberdaya manusia dan sumberdaya
lainnya. (By: R. Terry )
4. Manajemen adalah seni pencapaian tujuan yang dilakukan
melalui usaha orang lain.(By: Lawrence A. Appley)
5. Manajemen adalah usaha untuk mencapai suatu tujuan
tertentu melalui kegiatan orang lain. (By: Horold Koontz dan
Cyril O’donnel)

“Manajemen adalah suatu proses yang terdiri dari rangkaian
kegiatan, seperti perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan
pengendalian/pengawasan, yang dilakukan untuk menetukan dan
mencapai tujuan yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan
sumberdaya manusia dan sumberdaya lainnya”.
Menurut Gaspersz (2001), Sistem manajemen kualitas (SMM)
merupakan sekumpulan prosedur terdokumentasi dan praktekpraktek
standar untuk manajemen sistem yang bertujuan menjamin
kesesuaian dari suatu proses dan produk (barang dan atau jasa)
terhadap kebutuhan atau persyaratan tertentu. Kebutuhan atau
persyaratan itu ditentukan atau dispesifikasikan oleh pelanggan dan organisasi. Sistem manajemen kualitas mendefinisikan bagaimana organisasi menerapkan praktek-praktek manajemen kualitas secara konsisten untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan pasar.

Sistem manajemen lingkungan (SML) ialah sebuah siklus yang
berkelanjutan dari perencanaan, pelaksanaan, pengkajian ulang
dan perbaikan langkah yang diambil oleh organisasi untuk
mencapai kesesuaian dengan peraturan perundangan lingkungan.
Sistem Manajemen Lingkungan menyediakan keinginan dan
konsistensi dari organisasi untuk mengarahkan perhatian
lingkungan terhadap pengalokasian sumber daya, pembagian
tanggung jawab dan evaluasi berkelanjutan dari penerapan, proses
dan prosedur.

Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja adalah bagian
dari sistem manajemen secara keseluruhan yang meliputi struktur
organisasi, perencanaan, tanggung jawab, pelaksanaan, prosedur,
proses dan sumberdaya yang dibutuhkan bagi pengembangan,
penerapan, pencapaian, pengkajian dan pemeliharaan kebijakan
keselamatan dan kesehatan kerja dalam rangka pengendalian resiko
yang berkaitan dengan kegiatan kerja guna terciptanya tempat
kerja yang aman, efisien dan produktif. (PP no.50/2012 tentang
Penerapan Sistem Manajemen K3).

Sedangkan menurut Clare Gallagher dalam bukunya yang berjudul
‘Health and Safety Management System, An Annalysis of System
types and Effectiveness’, sistem manejemen keselamatan dan
kesehatan didefinisikan sebagai kombinasi dari susunan organisasi
manejemen, termasuk elemen-elemen perencanaan dan kaji ulang,
susunan konsultatif dan program khusus (identifikasi bahaya,
control dan penilaian resiko, keselamatan dan kesehatan terhadap
kontraktor, informasi dan penyimpanan data dan pelatihan) yang
terintegrasi untuk meningkatkan kinerja keselamatan dan
kesehatan.

Jadi dapat kita disimpulkan bahwa secara umum sistem manajemen
adalah rangkaian kegiatan (siklus) yang berkelanjutan dari
organisasi untuk mencapai tujuan seperti memenuhi keinginan
pelanggan atau pasar, mencegah terjadinya pencemaran, mencegah
terjadinya kecelakaan sesuai dengan kebijakan perusahaan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: