LAKUKAN 13 HAL INI AGAR HASIL KERJA LEBIH BAIK!


Untuk kebanyakan orang, bisa meningkatkan produktivitas menjadi suatu yang penting, selain performa kerja juga meningkat, pengembangan diri untuk lebih baik pun ikut berpengaruh. Namun, kadang kala memang ada saja hal-hal yang membuat kita jadi tidak konsisten melakukan kebiasaan-kebiaasaan yang membuat kita jadi lebih produktif.

Berikut tips praktis yang bisa anda terapkan segera agar anda bisa melihat perubahan dari produktivitas kerja yang meningkat:

1. Bangun Lebih pagi

Ayo, bangun pagi! Karena kualitas oksigen di pagi hari (waktu subuh) mencapai puncaknya. Fakta ini terungkap dari sebuah penelitian di Jerman. Selain kualitas oksigen yang bagus baik untuk kesehatan, bangun pagi juga membuat otak lebih santai. Bangun lebih pagi, hari anda terasa lebih panjang. Bisa melakukan banyak hal. Sehingga orang yang bangun lebih pagi cenderung bahagia dan produktif. Setidaknya, itulah yang dikatakan sebuah penelitian yang dilakukan Dr Joerg Huber dari Roehampton University.

 2. Fokus Pada Satu Tujuan

Bukan hal yang aneh, jika banyak dari kita memiliki lebih dari sekedar satu tujuan. Namun, untuk bisa mencapai tujuan-tujuan tersebut, anda harus menetapkan satu tujuan yang jelas, spesifik dan tepat lebih dulu.  Dengan menetapkan satu tujuan yang jelas, hal tersebut akan mengarahkan anda langsung fokus pada apa yang ingin anda capai. Hal ini akan membantu anda lebih produktif.

3. Buat daftar Prioritas

Banyak hal akan dikerjakan setiap hari. Kadang hal ini, tanpa sadar membebani anda. Sehingga, membuat anda tidak tahu, pekerjaan mana dulu yang harus dikerjakan. Untuk itu, buatlah daftar pekerjaan. Urutkan berdasarkan prioritas. Tentukan tanggal selesai atau bila perlu, jam selesai. Selesaikan daftar prioritas tadi step by step agar produktivitas kerja meningkat.

 4. Tetapkan Deadline

Tentukan deadline agar kinerja dapat terorganisir dengan baik. Deadline jelas salah satu cara efektif untuk meningkatkan produktivitas kerja. Karena dengan menetapkan deadline, anda jadi lebih terpacu menyelesaikan pekerjaan lebih cepat.

 5. Lakukan Sekarang!

Katakan hal tersebut berulang-ulang kepada diri anda agar anda terhindar dari kebiasaan menunda-nunda suatu pekerjaan.  Memulai lebih baik daripada memikirkan semuanya dan malah tidak ada yang terselesaikan satupun. Pepatah lama mengatakan, perjalanan 1000 mil, dimulai dengan satu langkah.

6. Pasang Timer untuk Setiap Hal yang Dikerjakan

Tujuannya adalah agar bisa mengukur seberapa lama waktu yang anda perlukan dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. Jika perlu, bandingkan dengan rekan kerja. Dengan mengukur waktu menyelesaikan pekerjaan, kita bisa mengukur produktivitas kerja sendiri.

 7. Review Kembali Setiap Tugas

Orang produktif tahu bagaimana menghabiskan energi yang mereka miliki. Dengan melakukan review atau bahkan menganalisa apakah pekerjaan sudah dilakukan dengan tepat dan maksimal.

 8. Ambil Waktu Istirahat

Penting bagi anda untuk mengistirahatkan otak, disamping mengistirahatkan fisik anda. Ambil waktu istirahat sejenak sekitar 5-10 menit. Istirahat penting untuk menjaga tingkat produktivitas kerja anda. Hal ini bisa dilakukan dengan berjalan santai, keluar dari ruang kerja, ataupun berdiri setelah duduk cukup lama.

9. Kembangkan Wawasan

Belajar itu bisa di mana saja, darimana saja dan kapan saja. Sangat penting untuk terus mengupdate dan mengapgrade wawasan anda tentang informasi yang begitu beragam ‘di luar sana’. Membaca buku, sharing dengan rekan kerja atau teman, atau bertanya jika mengalami kendala dalam pekerjaan bisa menjadi cara menambah wawasan anda. Dengan menambah wawasan dan keinginan untuk belajar, anda sudah meningkatkan produktivitas.

 10. Berikan Reward terhadap Diri Sendiri

Tidak ada yang bisa membuat diri anda merasa puas, selain penghargaan dari diri anda sendiri. Penghargaan atas diri sendiri penting untuk memotivasi dan meningkatkan semangat kerja. Jadi, coba mulailah untuk memberikan rewardkepada diri anda untuk setiap pekerjaan atau tujuan yang berhasil anda capai.

11. Ganti Suasana Kerja

Jangan ragu untuk mencoba bekerja dengan suasana atau pemandangan baru. Hal ini memberikan kita energi dan semangat baru serta menambah perspektif visual. Cobalah bekerja dengan suasana seperti di café, taman atau tempat-tempat lainnya asal tidak merasa terbatas pada dinding atau ruang yang sama.

12. Jangan Terlalu Sering Melakukan Chit-Chat

Sosial media saat ini juga sudah menjadi sebuah kebutuhan yang sulit untuk dihilangkan. Bahkan, telah menjadi bagian penting dalam bisnis. Namun, jika tidak berkaitan langsung dengan pekerjaan yang akan anda selesaikan, ada baiknya ‘bermain’ sosial media ini agak dikurangkan pada saat jam kerja. Hal ini semata agar waktu bekerja anda lebih efektif.

13. Mendekorasi Ulang Meja Kerja

Buanglah barang-barang atau kertas-kertas yang membuat penampilan meja kerja terlihat berantakan. Pengaruh penampilan meja kerja yang berantakan, membuat pikiran jadi tidak terorganisir dan sulit untuk fokus. Akan lebih baik, jika anda menaruh pajangan yang menarik, seperti pot bunga kecil, action figureatau pernak-pernik lain yang membuat kesan ceria pada meja kerja.***RR/RW

Link : http://shiftindonesia.com/lakukan-13-hal-ini-agar-hasil-kerja-lebih-baik/?awt_l=6u4n.&awt_m=3XurADVEjoJjXli

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: